Satu Kota Lagi, Rekor Nilai Tes CPNS 447 Masih Bertahan

Minggu, 23 Februari 2020 - Dibaca 587 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 085.Pers/04/SJI/2020

Tanggal: 23 Februari 2020

Satu Kota Lagi, Rekor Nilai Tes CPNS 447 Masih Bertahan

Penyelenggaraan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahap Tes Kemampuan Dasar (TKD) telah terlaksana di sembilan kota dari sepuluh kota yang dijadwalkan. Hingga saat ini, torehan nilai 447 atas nama Erwin Fermana Siregar, lulusan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB yang mengikuti tes di Kota Bandung beberapa waktu lalu, masih menempati peringkat tertinggi.

Rekor skor tertinggi TKD CPNS Kementerian ESDM yang ditorehkan Erwin nampaknya belum terpatahkan meskipun rangkaian tes di kota-kota lain terus berjalan. Dua peserta yang mendekati skor Erwin yakni Rendy Defriza Firdausi dan Dina Hanifah yang sama-sama mengantongi nilai 435 dari lokasi tes di Kota Jakarta.


Rekor Erwin ternyata belum bisa dipatahkan juga oleh 337 peserta tes CPNS Kementerian ESDM yang diselenggarakan di Kantor Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II (BKN Kanreg II) Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/2). Surabaya menjadi kota kesembilan dari sepuluh pelaksanaan tes TKD CPNS Kementerian ESDM. Sebagai lokasi penutup, Kupang akan menggelar tes CPNS Kementerian ESDM, 26-27 Februari nanti.

Hujan rintik dan awan mendung menyelimuti Surabaya Kamis lalu. Namun, hal itu tak menjadi penghalang bagi para peserta untuk tetap datang. Semangat pantang menyerah salah satunya ditunjukkan oleh Desideria Rindang Hendra Jati (30 tahun), peserta TKD CPNS Kementerian ESDM yang tak menyangka akan mencatatkan namanya sebagai peserta dengan skor tertinggi di Kota Surabaya.

Total nilai 427 diraih Desi dengan rincian nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 110, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 152, dan Tes Intelegensi Umum (TIU) 165. Nilai tersebut menempati peringkat tertinggi dari total empat sesi TKD CPNS Kementerian ESDM yang dilakukan di Kota Surabaya.

Meski belum berhasil menggeser nilai peringkat pertama dari seluruh lokasi tes, raut wajah bahagia tak bisa disembunyikan Desi ketika melihat layar monitor yang menayangkan hasil TKD CPNS Kementerian ESDM secara real-time. "Saya tidak menyangka bisa mendapat nilai tertinggi di Surabaya. Mungkin ini berkat latihan soal-soal, pengalaman tes CPNS sebelumnya juga," ujar Desi.

Namun ini belum akhir dari perjuangan Desi, alumni Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Malang. Meski nilainya menempati peringkat tertinggi dalam tes SKD CPNS Kementerian ESDM di Kota Surabaya, dirinya tetap harus menunggu hasil tes keseluruhan untuk formasi yang dilamarnya.

"Saya mencoba memberikan yang terbaik. Semoga bisa lancar ke depannya dan bergabung di ESDM untuk mewujudkan mimpi agar bisa menjadi bagian dari transisi Indonesia menuju energi bersih di masa depan," harap Desi yang mendaftar pada formasi Ahli Perencana Pertama.

Ditemui di kesempatan yang berbeda, Kepala Bagian Kepegawaian dan Organisasi Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral Kementerian ESDM Oktoaji Kharissuhud yang hadir di Surabaya berpesan agar para peserta jangan sekali-kali mencoba untuk menggunakan cara curang atau mempercayai iming-iming orang dalam.

"Saat ini sistem perekrutan CPNS sudah menggunakan tes berbasis CAT. Hasil yang rekan-rekan dapatkan bisa dilihat real-time, transparan dan valid. Jangan mencoba mencontek karena hanya akan menghabiskan waktu, apalagi percaya iming-iming dibantu orang dalam," jelas Okto.

Sebagai informasi, diharapkan peserta yang akan mengikuti tahapan seleksi CPNS Kementerian ESDM untuk memperhatikan dengan seksama informasi yang ada di laman cpns.esdm.go.id. Segala bentuk pemberitahuan informasi yang berkaitan dengan tes CPNS Kementerian ESDM akan diberitahukan melalui laman tersebut. (YAK)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!