Sekjen KESDM Pimpin Apel Hari Kesaktian Pancasila

Minggu, 1 Oktober 2023 - Dibaca 2217 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 461.Pers/04/SJI/2023

Tanggal: 1 Oktober 2023

Sekjen KESDM Pimpin Apel Hari Kesaktian Pancasila


Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana memimpin apel upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Gedung Pusat Arsip Kementerian ESDM di Pondok Ranji, Tanggerang Selatan. Apel diikuti seluruh pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM dan pegawai perwakilan dari unit utama Kementerian ESDM.

Mengenakan pakaian dinas harian (PDH) putih dan coklat dan kopiah hitam, mengawali apel upacara Dadan membacakan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara. Rangkaian selanjutnya adalah pembacaan Pembukaan Undang-Undang 1945 dan naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara,

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,

maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2023
Atas Nama Bangsa Indonesia
Ketua DPR RI,
Dr. (H.C.) Puan Maharani

Ditemui usai apel upacara Hari Kesaktian Pancasila, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan momentum Hari Kesaktian Pancasila yang secara periodik diperingati ini dapat dijadikan momentum untuk membuat ESDM semakin jaya.

"Mari kita gunakan momentum Hari Kesaktian Pancasila ini untuk membuat ESDM semakin jaya," ujar Dadan.

Pernyataan senada disampaikan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menyampaikan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus menjadi pemicu Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi untuk mampu memberikan kontribusi dalam hal penambahan cadangan migas diseluruh wilayah Indonesia.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini, Direktorat Jenderal Minyak Dan Gas Bumi harus mampu menunjukkan potensi migas di seluruh wilayah tertentu di Indonesia untuk beberapa dekade kedepan. Indonesia maju, bersatu untuk melaksanakan transisi energi dengan lancar dan bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Tutuka.

Semangat yang sama juga ditunjukkan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Dan Konservasi Energi, Yudo Dwinanda Priaadi, Pancasila harus menjadi penyemangat untuk melaksanakan transisi energi menuju energi terbarukan dan konservasi energi.

"Semangat Pancasila untuk transisi energi menuju energi terbarukan dan konservasi energi," kata Yudo .

Sebagai informasi, setiap tanggal 1 Oktober, masyarakat Indonesia merayakan Hari Kesaktian Pancasila. Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh Presiden Soeharto setelah peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI pada 1965.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati dengan melakukan apel upacara di setiap Kementerian dan lembaga termasuk Kementerian ESDM. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dilakukan untuk mengenang kembali bagaimana Pancasila sebagai dasar negara berdiri teguh dari berbagai upaya yang dilakukan untuk menjatuhkannya.

Keteguhan Pancasila yang diterjang berbagai upaya membelokkan ideologi bangsa menjadikannya pusaka yang diakui kesaktiannya. Peringatan ini juga sebagai tanda penghormatan pada para pejuang yang gugur dalam mempertahankan Pancasila dalam peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI. (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)


Bagikan Ini!