Sembilan Unit Kerja Kementerian ESDM Telah Lulus WBK

Selasa, 10 Desember 2019 - Dibaca 4346 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 701.Pers/04/SJI/2019

Tanggal: 10 Desember 2019

Sembilan Unit Kerja Kementerian ESDM Telah Lulus WBK

Sembilan unit satuan kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dinyatakan telah Lulus Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) setelah lima unit satuan kerja kembali dinilai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tahun 2019 dan dinyatakan mendapat predikat WBK.

Penyerahan penghargaan WBK disampaikan pada Apresiasi dan Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Bidakara, Jakarta, Selasa (10/12).

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin yang hadir dalam pemberian penghargaan menegaskan bahwa keberhasilan pembangunan akan bergantung pada keberhasilan reformasi birokrasi. Utamanya, pada unit pelayanan yang berdampak pada masyarakat dan dunia usaha.

"Sukses tidaknya agenda pembangunan yang diusung presiden akan bergantung pada keberhasilan reformasi birokrasi di pemerintah," ujarnya saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

c-WhatsApp%20Image%202019-12-10%20at%201

Instansi pemerintah harus memahami peran masing-masing dalam memberikan pelayanan yang baik dan memegang integritas birokrasi. Tingginya harapan masyarakat akan birokrasi yang transparan, akuntabel, dan bebas dari KKN menuntut perbaikan birokrasi. "Perbaikan birokrasi ini perlu dilakukan dengan membangun sistem yang baik sehingga pelayanan menjadi lebih cepat, murah, tidak diskriminatif, dan berkualitas,"lanjut Ma'ruf.

Zona integritas merupakan miniatur pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia. Pembangunan zona integritas ini bertujuan untuk membangun program reformasi birokrasi sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

Kementerian PANRB sebagai leading sector dan prime mover reformasi birokrasi terus mendorong perbaikan birokrasi salah satunya dengan pembangunan zona integritas. Pembangunan zona integritas ini merupakan usaha yang tepat untuk mendapatkan profil instansi pemerintah yang bersih, akuntabel, dan melayani. "Semakin baik integritas birokrasi akan memperkuat public trust dan pelayanan publik," tambah Ma'ruf.

WBK adalah miniatur RB Kementerian/Lembaga. Berdasarkan hasil evaluasi Tim PANRB, dilihat dari kesesuaian data dukung dengan budaya kerja pegawai, hasil survei persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan dan anti KKN, tahun 2019 terdapat 5 satuan kerja Kementerian ESDM dinyatakan LULUS yaitu Direktorat Teknik Lingkungan Migas (Ditjen Migas), Lemigas (Balitbang ESDM), PPSDM Geominerba (BPSDM), PPSDM KEBTKE (BPSDM) dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (Badan Geologi).

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan Kementerian ESDM adalah mendorong unit lain menuju WBK, dan unit brepredikat WBk menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, yang tentunya akan lebih sulit dan standar tinggi dari KemenPANRB. (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!