Sosialisasi Pencegahan COVID-19 di Kementerian ESDM Terus Dilakukan

Selasa, 10 Maret 2020 - Dibaca 1526 kali

Guna mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan Pegawai di lingkungan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian ESDM terhadap penyebaran Virus Covid-19, Dharma wanita Persatuan (DWP) Kementerian ESDM yang dipimpin langsung oleh Penasehat DWP Kementerian ESDM Ratna Mirah Tasrif, menyelenggarakan Sosialisasi Waspada Virus Covid-19 di Aula Itjen Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (10/3). Sosialisasi kali ini menghadirkan narasumber Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes.

Sekretaris Inspektur Jenderal Kementerian ESDM Budiyantono mengatakan dalam sambutannya menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan agar para pegawai mengetahui apa yang harus dilakukan guna mencegah tertular dari virus COVID-19 ini.

"Dengan sosialisasi ini, diharapkan kita semua tahu, apa itu virus COVID-19, gejala-gejala yang ditimbulkan, bagaimana mengantisipasinya, dan yang terakhir, mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil jika sudah terkena dampak." kata Budiyantono.

Sementara itu, dalam penjelasannya Wiendra Waworuntu mengatakan, virus corona merupakan bagian dari keluarga besar virus yang mungkin menyebabkan sakit pada hewan atau manusia.

c-WhatsApp%20Image%202020-03-10%20at%201


"Pada manusia beberapa virus corona diketahui menyebabkan infeksi pernapasan yang bervariasi mulai dari flu ringan sampai kepada penyakit yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Sindrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Corona virus yang paling terakhir ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19." ungkap Wiendra.

Gejala umum COVID-19 adalah demam, lelah, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, suara yang parau, pilek, sakit tenggorokan dan diare. Gejala ini mulanya ringan dan meningkat bertahap.

Lebih lanjut, Wiendra mengatakan orang dapat tertular COVID-19 dari mereka yang telah terinfeksi virus ini sebelumnya. "Penyakit ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar saat orang yang terinfeksi batuk atau bernafas. Tetesan kecil ini akan mengenai objek atau permukaan tertentu dan disentuh orang dan kemudian orang tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka," tuturnya.

Kepada Pimpinan dan pegawai Itjen serta jajaran DWP Kementerian ESDM yang hadir, Wiendra menjelaskan bahwa ditengah merebaknya Corona Virus ini diharapkan kita tidak perlu panik, melainkan selalu lakukan hidup sehat. "Guna mengurangi resiko terinveksi virus corona ini, ada baiknya kita melakukan pola hidup yang sehat, yaitu dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup, mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker bila batuk atau pilek", tukas Wiendra. (NAL)


Bagikan Ini!