Target Produksi Minyak 1,3 Juta bph Berdasarkan Perhitungan Matang

Selasa, 30 Januari 2007 - Dibaca 7786 kali

''Angka 1,3 juta bph dihasilkan dari analisa dan perhitungan yang matang oleh para ahli,'' ujar SAM Menteri ESDM Bidang Ekonomi dan Keuangan Novian M Thaib, saat memberikan keterangan kepada wartawan Senin (29/1) di Jakarta. Hadir pada acara itu Gubernur OPEC Indonesia Maizar Rahman, Staf Ahli Kepala BP Migas Abdul Muin dan pengamat perminyakan Kurtubi.

Pemerintah kini terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan target produksi minyak tersebut. Selain mendorong para perusahaan kontraktor migas untuk menggenjot produksinya, berbagai kebijakan juga tengah digodok untuk menarik investor. Selain itu, pemerintah akan semakin tegas terhadap kontraktor migas yang tidak menjalankan komitment investasi.

Menurut Staf Ahli Kepala BP Migas Abdul Muin, persoalan yang dihadapi produksi migas di Indonesia adalah banyaknya lapangan tua. ''Hampir 90 % lapangan produksi yang ada merupakan lapangan tua dengan cadangan yang semakin menipis,'' ujarnya. Namun demikian upaya mendorong produksi terus dilakukan.

Sedang pengamat perminyakan Kurtubi mengungkapkan sebenarnya peluang untuk meningkatkan produksi minyak di Indonesia masih terbuka lebar. Hanya saja diperlukan syarat untuk lebih mengintensifkan lagi kegiatan eksplorasi. Selanjutnya disebutkan ada sejumlah kontrak yang sudah ditandatangani yang perlu untuk didorong melakukan komitment investasi.

Bagikan Ini!