Tes CPNS: Jogja-Kupang Ditempuh Demi Gunung Api

Jumat, 28 Februari 2020 - Dibaca 370 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 094.Pers/04/SJI/2020

Tanggal: 28 Februari 2020

Tes CPNS: Jogja-Kupang Ditempuh Demi Gunung Api

Perjuangan Nandra Widyawanto mencari jalan menjadi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) tidaklah mudah. Pasalnya, pria asal Sleman, Yogyakarta ini telah menempuh perjalanan yang cukup jauh demi mengentaskan tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (26/2).

Tidak sia-sia, Nandra berhasil mencatatkan namanya sebagai peserta dengan nilai hasil SKD tertinggi di Kota Kupang. Sebanyak 351 total poin yang didapatkan Nandra. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65 poin, Tes Intelegensi Umum (TIU) 135 poin, dan Tes Karakterisitik Pribadi (TKP) nyaris sempurna sebanyak 151 poin.

Dengan doa restu dari istri dan anaknya, pria kelahiran Sleman, 27 Juli 1987 ini nemantapkan hati berangkat menuju Kota Kupang. "Sudah didukung istri ikut tes CPNS ini," cerita Nandra sewaktu memulai wawancara dengan Panitia Seleksi CPNS Kementerian ESDM.

Pria lulusan Manajemen Informatika STMIK Amikom Yogyakarta telah mengikuti tes CPNS sebanyak 3 kali. Bersama 14 peserta lainnya melaksanakan tes seleksi CPNS dengan metode Computer Assisted Test (CAT). Formasi yang diambil para peserta tersebut adalah Pengamat Gunung Api (PGA), salah satu jabatan yang dikelola oleh Kementerian ESDM.

Dari 15 peserta tes SKD telah diumumkan sebanyak 7 orang untuk maju ke tahap selanjutnya, Tes Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) Pengamat Gunung Api. Tes SKB ini meliputi cek kesehatan, tes fisik dan juga wawancara langsung yang dilakukan oleh Kepala Bagian Kepegawaian Sekretariat Badan Geologi, Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) , dan Kepala Sub dinas Unit Mitigasi Gunu Api (MGA) Wilayah Timur PVMBG.

Peserta yang lulus pada tes CPNS KESDM Formasi Pengamat Gunung Api ini nantinya akan ditempatkan pada 3 Gunung aktif yg berada di Provinsi NTT yakni Gunung Inerie di Kabupaten Ngada, Gunung Ile Boleng di Pulau Adonara Kabupaten Flores Timur, dan Gunung Sirung di Pulau Pantar Kabupaten Alor.

Sesaat sebelum tes, Kepala Bagian Kepegawaian Sekretariat Badan Geologi Amin Hamidi mewakili Kepala Biro Kepegawaian Kementerian ESDM kembali menghimbau kepada para peserta tes mengenai potensi dari masing-masing peserta. "Kami akan menunggu potensi potensi terbaik dari adik adik sekalian, Yakin lah pada kemampuan adik adik sendiri." ujar Amin sebelum tes SKD dimulai.

Ia juga mengimbau peserta untuk tidak percaya bila ada oknum yang menawarkan membantu proses seleksi. "Tes dilakukan secara transparan, jangan percaya pada pihak-pihak yg memberikan tawaran untuk membantu proses seleksi ini" tegas Amin. (BT)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!