Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 ESDM Terus Bergerak Beri Bantuan Masker

Kamis, 23 April 2020 - Dibaca 520 kali

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 165.Pers/04/SJI/2020

Tanggal: 23 April 2020

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 ESDM Terus Bergerak Beri Bantuan Masker

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bentukan Menteri ESDM Arifin Tasrif terus bergerak membagikan masker kepada yang membutuhkan.

Setelah kemarin 10.000 buah masker diberikan ke Puskesmas Kecamatan Kemayoran, hari ini, Rabu (22/4), Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih dan Puskesmas Tanah Abang mendapat bantuan masing-masing 10.000 masker untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

Usai menerima bantuan, Kepala Satuan Pelaksana Upaya Kesehatan Masyarakat (Kasatpel UKM) Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, Dr. Dwi mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan masker tersebut.

"Kepada pimpinan Kementerian ESDM, kami mengucapkan terima kasih atas bantuannya. Semoga senantiasa diberi kesehatan," ucap Dwi.

Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kementerian ESDM Endang Sutisna menjelaskan bahwa

Masker tersebut merupakan bantuan dari stakholders sektor ESDM yang dikoordinir oleh Kementerian ESDM untuk masyarakat, khususnya di wilayah zona merah Covid-19. Direncanakan nantinya pembagian akan dilakukan sebanyak 80.000 masker.

"Kami akan terus menyampaikan bantuan masker bagi yang membutuhkan, prioritas adalah wilayah yang berada di zona merah," ujar Endang.

c-WhatsApp%20Image%202020-04-21%20at%201

Sebagaimana diketahui, pekan lalu Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kementerian ESDM juga telah memberikan 2.000 buah masker kepada Yayasan Hidayatul Mubtadi-ien Juraganan, Sawangan, Depok untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, Kementerian ESDM melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral juga telah menyerahkan bantuan fasilitas penunjang medis, yakni Disinfektan Body Chamber atau Bilik Sterilisasi dan Antiseptik (BiSA) kepada Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet, Rumah Sakit Kedokteran Universitas Indonesia (RSUI) dan Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dengan total sebanyak 6 unit. Selain itu, Badan Litbang ESDM juga membuat ventilator mekanik yang sudah uji coba antara lain di Rumah Sakit Pertamina Jaya.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kementerian ESDM merupakan Tim reaksi cepat yang dibentuk Menteri ESDM Arifin Tasrif melalui Keputusan Menteri ESDM. Tim ini beranggotakan Pegawai internal dilingkungan KESDM dan Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Tim ini dibentuk agar dapat dilakukan langkah-langkah cepat, cermat, terpadu antar Unit Organisasi di lingkungan Kementerian ESDM dan SKK Migas untuk melakukan pencegahan dan penanganan wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Bagikan Ini!