Dua Direktorat di Ditjen Gatrik Raih Predikat WBK

Dua Direktorat di Ditjen Ketenagalistrikan, yakni Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan dan Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan menerima apresiasi dan penghargaan berupa predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Predikat ini sejalan dengan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK WBBM) yang merupakan bagian integral dari pelaksanaan Reformasi Birokasi di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Secara total, terdapat 12 satuan kerja di lingkungan Kementerian ESDM menerima apresiasi dan penghargaan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Penghargaan diberikan secara simbolis oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dan diterima oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo, Senin (21/12/2020).

"Capaian ini tidak lepas dari arahan Menteri ESDM yang mendorong untuk terus melakukan reformasi birorasi, tentunya melalui program-program perbaikan yang realistis," ujar Prahoro.

Menurut Prahoro, Menteri ESDM Arifin Tasrif telah memerintahkan seluruh Pimpinan Eselon 1 untuk turun langsung memimpin dan memastikan perbaikan di setiap proses reformasi birokrasi. Perubahan tersebut tidak hanya di atas kertas, namun manfaatnya harus dirasakan langsung oleh masyarakat dalam bentuk pelayanan yang lebih prima.

"Kita melihat perubahan-perubahan ini salah satunya adalah terkait dengan sistem pelayanan digital. Jadi semuanya masuk ke digital, sebisa mungkin kita tidak menggunakan kertas. Jadi semuanya (pelayanan di Kementerian ESDM), mulai dari pendaftaran hingga hasil akhirnya tidak ada yang bersinggungan dengan orang,"" ujarnya.

Selain mencegah gratifikasi dan tindak pidana korupsi, upaya ini disebut Prahoro untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Bagi satuan kerja yang belum memperoleh predikat WBK/WBBM, Prahoro mengatakan bahwa Kementerian ESDM akan terus mengejar dan melakukan upaya lebih baik lagi dari yang ada saat ini. Apresiasi yang diraih hari ini harus jadi motivasi bagi unit kerja lainnya.

Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin yang hadir secara virtual pada acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020 ini mengungkapkan, seluruh penyelenggara pelayanan publik diharapkan melakukan akselerasi dan perbaikan pelayanan publik secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

"Lakukan inovasi terbaik dan cara kerja baru untuk menjawab tuntutan masyarakat yang dinamis. Saya minta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk tidak lelah-lelahnya mewujudkan Zona Integritas menuju WBK/WBBM," ujar Wapres.

Sebagai informasi, tahun ini Kementerian ESDM mengusulkan 17 satuan kerja menuju WBK dan 9 satuan kerja menuju WBBM. Setelah melalui proses penilaian evaluasi administrasi, presentasi, wawancara, serta verifikasi lapangan, sebanyak 10 satuan kerja layak memperoleh predikat WBK dan 2 satuan kerja memperoleh predikat WBBM. Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi dan Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Wanhar menerima penghargaan tersebut secara virtual dari ruang kerja. (DKD/RZ/PSJ)