Hadapi COVID-19, Ini Pesan Dirjen Gatrik untuk IKAPELEB

Di masa pandemi COVID-19, disiplin menjaga kesehatan diri dan keluarga adalah prioritas utama. Pikiran yang positif juga perlu dirawat karena dapat meningkatkan imun tubuh sehingga terhindar dari penyakit. Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Rida Mulyana menyampaikan hal tersebut dalam silaturahmi virtual Ikatan Keluarga Pensiunan Direktorat Jenderal Listrik dan Energi Baru (IKAPELEB), Senin (28/12/2020). Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga komunikasi, saling bertukar kabar, serta memberikan dorongan kepada anggota IKAPELEB dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19. Forum silaturahmi ini dihadiri oleh para pegawai purnabakti termasuk Ketua IKAPELEB Alihuddin Sitompul.

Mengawali sambutannya, Rida mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Ia menyebut Ditjen Ketenagalistrikan juga menerapkan protokol kesehatan bagi tamu yang berkunjung ke Ditjen Ketenagalistrikan.

"Sesuai arahan Bapak Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ditjen Ketenagalistrikan menerapkan berbagai syarat bagi para tamu atau pengunjung, salah satunya wajib menunjukkan hasil rapid/swab test jika akan berkunjung ke Ditjen Ketenagalistrikan," ujar Rida.

Di samping 3M, Rida menyebut 3T (tracing, testing, dan treatment) juga tak kalah penting untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Ia lalu mengajak anggota IKAPELEB untuk tetap bersemangat dan produktif meskipun di tengah pandemi. Menurutnya, rasa semangat dan optimis ini sangat mempengaruhi imun tubuh.

Rida menambahkan, kegiatan produktif dapat dilakukan dengan bergabung dalam asosiasi atau ikatan profesi untuk mengisi kesibukan, juga memberikan masukan-masukan terhadap perbaikan kebijakan yang ada di Ditjen Ketenagalistrikan dari sisi masyarakat maupun pelaku usaha.

"Kami secara pribadi dan mewakili pimpinan Ditjen Ketenagalistrikan sangat terbuka terhadap masukan dari masyarakat, khususnya Bapak/Ibu anggota IKAPELEB yang telah lebih dulu memiliki berbagai pengalaman dalam menyusun aturan dan kebijakan di sektor ketenagalistrikan. Kalau ada masukan, saya more than happy menerima masukan dari Bapak/Ibu," ujarnya.

Menutup sambutannya, Rida memberikan dukungannya terhadap kegiatan-kegiatan IKAPELEB. Ia berharap silaturahmi antaranggota IKAPELEB dapat dilakukan secara rutin.

"Saya senang kita bisa bersilaturahmi walaupun secara virtual. Saya lebih senang lagi melihat Bapak/Ibu sehat juga ceria. Kalau hati ceria, pikiran bahagia, badan juga sehat. Mari kita saling memonitor berita dan mendoakan kesehatan kita bersama," pungkasnya. (AMH)