Ini Arahan Dirjen Ketenagalistrikan Kepada Pengurus Baru MKI

Jajaran kepengurusan baru Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) periode 2020-2023 diharap terus berkolaborasi dan memberikan masukan terhadap kebijakan pemerintah. Selain itu MKI juga diharap membantu mengkomunikasikan kebijakan pemerintah, khususnya dalam upaya membantu meringankan masyarakat tidak mampu di tengah situasi pandemi virus Covid-19 ini. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana saat menerima audiensi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) MKI periode 2020-2023 secara virtual, Senin (15/6).

Ketua MKI Wiluyo Kusdwihatmo melaporkan kepada Dirjen Ketenagalistrikan bahwa susunan kepengurusan baru telah terbentuk dan telah menyusun program kerja tahun 2020-2023. Dalam organ pengurus MKI terdapat Dewan Pimpnan Pusat, Dewan Pengawas dan Dewan Pakar MKI yang anggotanya adalah pejabat aktif dan/atau pensiun dari Pemerintahan, PLN, perusahaan swasta dan perguruan tinggi.

Mengenai program kerja, Wiluyo mengatakan bahwa tema program selama empat tahun ke depan adalah: Transformasi Bisnis Ketenagalistrikan Indonesia di Era Industri 4.0. Program kerja itru terbagi atas program jangka pendek dan jangka menengah/panjang.

"Program kerja MKI 2020-2023 terdiri dari 49 Kegiatan yang dibagi dalam 20 program kerja untuk jangka pendek yang harus dimulai pada tahun pertama, dan 29 program kerja jangka menengah/panjang yang akan dilaksanakan pada tahun kedua dan ketiga," kata Wiluyo.

Sekjen MKI Andri Doni dalam kesempatan yang sama memaparkan detail program kerja sekaligus kesiapan MKI untuk menyelenggarakan peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke- 75 pada akhir tahun ini. Selain HLN, ia juga menyampaikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Conference of the Electric Power Supply Industry pada tahun 2026 dengan MKI sebagai penyelenggaranya.

Dalam kesempatan tersebut Rida menyampaikan selamat atas kepengurusan baru MKI periode 2020-2023. "Selamat atas amanah dan selamat bekerja untuk mengemban program kerja selama jangka menengah dan jangka panjang, " ucap Rida.

Ia juga menyambut baik rencana pelaksanaan HLN ke-75 tahun ini dan diharapkan penyelenggaraannya mematuhi protokol kesehatan dalam periode new normal ini. Ia juga berharap agar seluruh anggota MKI dapat mendukung proram pemerintah selama pandemi ciovid-19 ini.

"Karena memasuki new normal, mengimbau agar MKI dapat melaksanakan secara disiplin dan konsisten. Disiplin menjaga diri dan orang terdekat di sekitar kita," ujarnya.

Terakhir, Rida berharap MKI dapat hadir dan membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat mengenai kenaikan tagihan listrik. Dengan sosialisasi yang dilaksanakan oleh MKI diharapkan saudara-saudara kita yang tengah memperoleh masalah tagihan listrik segera mendapatkan solusi. Ia berharap MKI dapat memaksimalkan komunikasi ke masyarakat melalui peningkatn komunikasi publik.

Mengenai program kerja, Dirjen berharap agar timeline yang sudah disusun dapat dilaksanakan dan pelaksanaannya disesuaikan dengan timeline kebijakan pemerintah Beberapa kebijakan yang dilaksanakan seperti Focus Group Discussion (FGD) dan pertemuan-pertemuan anggota diharapkan disampaikan kepada pemerintah dan masyarakat melalui media massa.

"Terima kasih atas sumbangsih MKI selama ini. Masukan dari MKI selalu kami tunggu untuk perbaikan kebijakan ketenagalistrikan ke depannya," pungkas Rida. (PSJ)