Kepo-in (Kenalin Program Infogatrik), Media Diskusi tentang Ketenagalistrikan Lewat Medsos


Admin media sosial Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan @infogatrik mengadakan acara diskusi secara live perdana pada hari Rabu, 1 Juli 2020. Acara diskusi yang berlangsung selama satu jam tersebut diberi nama Kepo-in yang merupakan singkatan dari Kenalin Program Infogatrik. Acara ini dilakukan untuk membuat followers media sosial @infogatrik lebih memahami program-program ketengalistrikan dimana followers bisa langsung bertanya secara interaktif pada saat diskusi dilakukan secara live pada akun instagram @infogatrik.

Tema yang diangkat pada acara Kepo-in perdana adalah "Kepo-in Aplikasi Peduli" dengan mengundang Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi sebagai narasumber. Humas Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Pandu Satria Jati dan Utami Hikmaasih menjadi host dalam acara diskusi tersebut. Aplikasi PEDULI masuk Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) pada tahun 2020, sehingga diskusi tentang Aplikasi Peduli perlu dibahas lebih dalam lagi secara interaktif agar masyarakat lebih memahami.

Aplikasi PEDULI (Pengaduan Kepesertaan Subsidi Listrik) merupakan inovasi sistem pengaduan masyarakat berbasis web dan juga mobile pada smartphone yang dibuat untuk mendukung pelaksanaan program sosial subsidi listrik tepat sasaran pelanggan rumah tangga. Aplikasi PEDULI mempermudah masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi listrik dalam melakukan pengaduan. Melalui aplikasi ini masyarakat secara individu dapat mengecek apakah mereka termasuk dalam golongan yang berhak mendapatkan subsidi atau pun menyampaikan pengaduan, serta memonitor tindak lanjut pengaduan kepesertaan subsidi listrik.

"Aplikasi PEDULI memastikan subsidi listrik untuk pelanggan rumah tangga benar-benar tepat sasaran," ujar Hendra.

Pada saat acara Kepo-in dilakukan, followers yang menonton tampak antusias dengan melontarkan beberapa pertanyaan langsung kepada pembicara mengenai Aplikasi Peduli. Terlebih dengan diadakannya pemberian Giveaway bagi followers yang aktif dan mengajukan pertanyaan terbaik.

Followers mengharapkan acara diskusi ini untuk dilanjutkan kembali karena bagus sebagai ajang diskusi yang interaktif. Seperti komentar yang dituliskan oleh akun instagram @bangbayou31 : "Dibuat webinarnya pasti Insha Allah keren."

Beberapa penonton acara diskusi juga mengapresiasi Aplikasi Peduli. Diantaranya dari akun instagram @odikalimi26 : "Saya belum mengadu tagihan listrik saya sudah turun Pak Dirbinus Alhamdulilah.. Semula tagihan listrik saya 850 ribu menjadi 650 ribu."

Semangat kepada pembicara juga dilontarkan oleh akun instagram @umm_akhtar : "Yang sabar ya Pak ngadepin netizen. Semoga PLN dan tim diberi kesehatan dan senantiasa dijauhkan dari wabah dan marabahaya agar bisa menerangi Indonesia."

Acara ditutup dengan pengumuman Giveaway kepada followers yang telah aktif bertanya selama acara. Diskusi live Kepo-in ini akan menjadi acara diskusi rutin yang akan mengangkat tema menarik lain seputar ketenagalistrikan. (U)