Kontribusi Perbaikan Lingkungan melalui Program Kendaraan Listrik

Sabtu, 24 Juni 2023 - Dibaca 281 kali

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca di sektor energi, termasuk dari subsektor transportasi. Program Kendaraan Bermotor Listrik untuk Transportasi Jalan membawa kontribusi besar dalam perbaikan pengelolaan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu dalam acara Hari Ulang Tahun Komunitas Mobil Elektrik (KOLEKSI) ke-2 di Tangerang, Sabtu (24/06/2023).

"Program Kendaraan Bermotor Listrik untuk Transportasi Jalan selain meningkatkan efisiensi dan konservasi energi melalui peralihan pemakaian BBM menjadi listrik, juga membawa kontribusi besar dalam perbaikan pengelolaan lingkungan. Kendaraan listrik tidak menghasilkan polusi udara, sehingga kualitas udara yang bersih dapat terjaga," ungkap Jisman.

Jisman menjelaskan bahwa Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB/Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan dan Kementerian ESDM telah menyusun peraturan sesuai kewenangannya.

"Menindaklanjuti Peraturan Presiden tersebut, Kementerian ESDM telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 dengan pokok pengaturan tentang aspek teknis, bisnis, tarif dan perizinan dari Infrastruktur Pengisian Listrik untuk KBLBB yang telah direvisi menjadi Permen ESDM No. 1 Tahun 2023 untuk lebih meningkatkan investasi dan kemudahan dalam menyediakan infrastruktur pengisian listrik untuk KBLBB," jelas Jisman.

Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (KOLEKSI) merupakan perkumpulan otomotif, pengguna pemerhati dan pecinta mobil listrik di Indonesia. Koleksi adalah mitra pemerintah dan produsen dalam edukasi, literasi, dan sosialisasi mobil listrik. Koleksi sendiri telah berdiri selama dua tahun di Indonesia dan menunjukan dukungan akan pengembangan kendaraan listrik.

Jisman menyampaikan bahwa Kementerian ESDM mendukung penggunaaan kendaraan listrik oleh masyarakat, ia juga mengapresiasi komunitas kendaraan listrik seperti KOLEKSI untuk percepatan pembentukan ekosistem KBLBB di Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi adanya komunitas-komunitas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai seperti KOLEKSI untuk mempercepat terciptanya ekosistem KBLBB di Indonesia. Diharapkan dengan banyaknya komunitas kendaraan listrik ini menjadi trigger positif bagi para pelaku usaha lainnya untuk ikut berkontribusi," tutup Jisman. (U)