Mekanisme Mendapatkan Token Listrik Stimulus Covid-19

Menindaklanjuti kebijakan pemerintah terkait keringanan tagihan listrik bagi masyarakat tidak mampu, yaitu golongan pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA bersubsidi, PT PLN (Persero) telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program tersebut.

Dalam siaran persnya Kamis (2/4/2020) Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka mengatakan bahwa Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni. Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan dua mekanisme, yaitu memasukkan ID Pelanggan di website PLN www.pln.co.id atau mengirimkan pesan dan Nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123. "Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir," ucap Made.

Untuk pelanggan rumah tangga subsidi 900 VA yang reguler atau pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada bulan April, Mei, dan Juni 2020 akan dikurangi 50%. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% dari pemakaian tertinggi tiga bulan terakhir akan diberikan kepada pelanggan dengan mekanisme yang sama dengan yang dilakukan pelanggan rumah tangga golongan 450 VA.

Berikut mekanisme mendapatkan token untuk golongan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi:

Mekanisme Website:

  • Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  • Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter
  • Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar
  • Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Mekanisme Whatsapp ke nomor 08122-123-123

  • Buka Aplikasi WhatsApp
  • Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan
  • Token gratis akan muncul
  • Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.


Menurut Made Suprateka, saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan. sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

"Paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut" ujar Made Suprateka.

Kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu. "Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi", tutup Made. (PSJ)