Menteri ESDM Apresiasi PROPER Emas PLTU Paiton I-2

Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Dirjen Ketenagalistrikan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton Unit 1-2 yang berlokasi di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (8/1). Jonan mengapresiasi pencapaian PROPER Emas selama dua tahun berturut-turut yang berhasil diraih PLTU ini.

PROPER merupakan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. PROPER ini bertujuan mendorong ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup. Jonan mengapresiasi pencapaian tersebut serta berharap PLTU ini menjadi role model bagi kawasan pembangkit besar lainnya dalam mengelola lingkungan hidup.

"Paiton merupakan salah satu Kompleks PLTU terbesar di Jawa yang akan menjadi sensitif apabila pengelolaan lingkungannya tidak baik, sudah terbukti Paiton 1 dan 2 berhasil melakukannya," ujarnya.

PLTU berkapasitas 2x400 MW ini dikelola oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkitan Paiton dengan jumlah tenaga kerja mencapai 260 orang. Dengan konsumsi batubara 4.740 Ton/hari/unit, PLTU ini mengonsumsi batubara yang didatangkan dari Kalimantan sekitar 3.467.500 ton per tahun.

Upaya lain yang patut untuk ditiru menurut Jonan adalah komitmen yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan memberikan bantuan sambungan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu. Ia berharap Kabupaten lain dapat meniru apa yang dilakukan Kabupaten Probolinggo. "Kami menghimbau kepada daerah terutama di Jawa dan provinsi besar lainya yang notabene memiliki APBD besar, diharapkan untuk menyisihkan sebagian alokasi APBD untuk membantu melakukan sambungan listrik gratis kepada masyarakat yg kurang mampu, agar mereka juga bisa menikmati listrik," ujarnya. (PSJ)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center