Partisipasi Ditjen Gatrik di Pameran Indonesia Infrastructure Week 2018

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan bersama beberapa unit Eselon I Kementerian ESDM berpartisipasi pada pameran Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2018 yang digelar di JI EXPO Kemayoran, Jakarta. Pameran yang berlangsung Rabu (31/10) hingga Jumat (2/11) ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur dilakukan untuk meningkatkan konektivitas, menyambungkan, membuka keterisolasian, memudahkan biaya transportasi dan logistik. "Hal ini bukan saja dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan ekonomi, tapi juga mempersatukan Indonesia," ungkapnya.

Salah satu program pembangunan infrastruktur yang menjadi perhatian Presiden adalah pembangunan pembangkit listrik dan infrastruktur pendukungnya seperti gardu induk, jaringan transmisi dan jaringan distribusi. Selain meningkatkan kapasitas terpasang pembangkit tenaga listrik, infrastruktur ketenagalistrikan didorong untuk mencapai target rasio elektrifikasi nasional 99,9% di tahun 2019 yang hingga kuartal ketiga tahun 2018 mencapai 98,05%.

Dalam booth tersebut, Ditjen Ketenagalistrikan juga menyosialisasikan mekanisme perizinan terpadau sektor ketenagalistrikan yang melalui Online Single Submission (OSS). Layanan ini merupakan Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Melalui OSS, masyarakat dapat mengakses secara online Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kabupaten, provinsi, dan pusat. Dengan sistem OSS, izin berusaha ketenagalistrikan akan didapat oleh pelaku usaha dalam waktu kurang dari satu jam.

IIW 2018 menjadi ajang bagi masyarakat serta pemain di ruang lingkup industri infrastruktur. Para pengunjung berkesempatan untuk membangun koneksi, peluang bisnis baru, serta mendapatkan pengetahuan baru akan dunia infrastruktur Indonesia. IIW 2018 dilaksanakan paralel dengan Konstruksi Indonesia 2018 dan Intertraffic Indonesia 2018. (PSJ)

Hak Cipta © 2018 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210
Berita Geologi Contact Center