PLN Diharapkan Terapkan Teknologi Dalam Penyediaan Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berharap PT PLN (Persero) untuk meningkatkan penggunaan teknologi penyediaan dan pemanfaatan tenaga listrik di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana dalam Bedah Buku "75 Tahun PLN Menerangi Negeri" yang diselenggarakan oleh PLN bekerja sama dengan Harian Kompas secara virtual, Kamis (4/3/2021).

"Salah satunya dengan terus mendorong penggunaan jaringan cerdas," tambah Rida.

Di usia PLN yang sudah 75 tahun menerangi negeri, tantangan yang dihadapi PLN tidaklah mudah. Telah banyak kisah para jajaran PLN berikut dengan tantangan dan solusi serta inovasi yang dilakukan. Hal ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pembelajaran di masa mendatang sehingga para calon pemimpin di PLN dapat mengambil hikmah yang positif.

"Semua yang dilakukan oleh PLN sebelumnya diharapkan dapat menginspirasi dalam menyediakan energi listrik kepada masyarakat secara merata, dengan kualitas baik dan harga terjangkau" ujar Rida.

Pemerintah bersama PLN berupaya keras untuk meningkatkan bauran energi dari Energi Baru dan Terbarukan sebesar 23% di tahun 2025. PLN juga dituntut untuk tetap efisien di segala lini agar tarif listrik masyarakat tetap terjangkau. Ketersediaan energi listrik hingga ke pelosok dan kawasan-kawasan strategis sangat dibutuhkan untuk pemerataan pembangunan dan mewujudkan keadilan sosial. Selain itu, PLN juga diharapkan aktif mendukung program pemerintah, yaitu percepatan infrastruktur Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk mengurangi impor BBM.

Saat ini pemerintah bersama PLN masih dihadapkan pada tantangan untuk mencapai 100% rasio elektrifikasi dan listrik menyala 24 jam di seluruh pelosok negeri. Ini merupakan tantangan yang harus segera dijawab oleh jajaran PT PLN (Persero).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini menyampaikan bahwa perjalanan PLN dalam menghadirkan terang di Indonesia sudah setua umur Republik Indonesia, hal ini menandai perjalanan penting PLN yaitu pilar pada masa-masa awal berdirinya negara.

"Sepanjang 75 tahun tersebut ada banyak dinamika, pengalaman, pelajaran dan tentunya membuahkan hasil yang dicapai. Buku ini akan menjadi catatan untuk generasi PLN masa depan dan untuk seluruh generasi masa datang yang akan meneruskan perjuangan," ucap Zulkifli.

Ia juga menceritakan betapa tidak mudahnya menghadirkan listrik di Indonesia. Namun dalam ketidakmudahkan tersebut, PLN terus berjuang. Menurutnya, buku yang diluncurkan ini akan menjadi pengingat perjuangan PLN pada tiap jejak waktu yang telah dilewati dan akan menjadi penyemangat PLN untuk terus berupaya melistriki Indonesia.

"Sekali lagi kami mengapresiasi acara Bedah Buku "75 Tahun PLN Menerangi Negeri". Semoga acara ini memberikan manfaat khususnya untuk menjawab berbagai tantangan di masa yang akan datang," tutup Rida. (UH)