Tiga Direktorat Gatrik Siap Bangun Zona Integritas 2020

Melalui komitmen pimpinan dan upaya seluruh pegawai, tiga unit eselon II di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan siap membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tahun 2020 ini. Tiga unit tersebut adalah Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan (Ditpro), Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan (Ditbinus), dan Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan (Dittek).

"Sesuai arahan Bapak Dirjen agar masing-masing unit eselon II mengikuti penilaian menuju zona integritas tahun ini" kata Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Munir Ahmad spada Pemaparan Rencana Aksi dan Hasil Penilaian Mandiri ke-1 Tahun 2020 Pembangunan ZI di lingkungan Ditjen Ketenagalistrikan, Rabu (3/6/2020).

Rapat yang yang dipimpin oleh Inspektur V Inspektorat Jenderal KESDM Jacobs Alex Timisela ini dihadiri pula oleh pimpinan tinggi pratama dari masing-masing Direktorat, yaitu Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi, serta Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Wanhar.

Munir menyampaikan bahwa pimpinan dan seluruh pegawai Ditjen Ketenagalistrikan telah siap membangun zona integritas dengan mengisi lembar kerja evaluasi dan menyiapkan paparannya. Perubahan-perubahan dalam meningkatkan pelayanan publik juga telah dilakukan untuk mewujudkan predikat WBK ini tahun ini. Penandatanganan komitmen pembangunan Zona Integritas sudah dilakukan saat rapat kerja pada tanggal 17 Januari 2020 lalu yang diikuti oleh pimpinan dan pegawai Ditjen Ketenagalistrikan.

Dalam acara tersebut Jisman Hutajulu menyampaikan capaian kinerja dan layanan masyarakat yang dilaksanakan Ditpro khususnya program peningkatan akses listrik ke masyarakat. Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019 merupakan salah satu pelayanan publik dari Ditpro yang sudah menerapkan anti korupsi dalam pelaksanaannya.

"Program BPBL membantu meringankan masyarakat melalui CSR badan usaha dan langsung teringerasi dalam suatu aplikasi, sehingga tidak ada perjumpaan langsung dan rekening yang masuk ke Ditjen Ketenagalistrikan," ujar Jisman.

Hendra Iswahyudi selanjutnya menyampaikan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui penyederhanaan perizinan dan mempermudah pengaduan konsumen listrik yang dilakukan oleh Ditbinus. Ia berkomitmen mengawal Direktorat ini sehingga dapat meraih predikat WBK.

Wanhar dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa layanan di Dittek telah lama menggunakan layanan online. Bahkan dalam masa pandemi covid-19 ini, ia telah berkoordinasi dengan badan usaha agar pelaksanaan pengujian instalasi dan sertifikasi tenaga teknik ketenagalistrikan tetap dapat berjalan dengan kondisi-kondisi tertentu. "Pelayanan saat pandemi tetap dilaksanakan dan ada panduan kepada badan usaha, hal-hal mana yg perlu dilaksanakan dan tidak sesuai protokol kesehatan dan arahan pemerintah," tutur Wanhar.

Pelaksanaan pembangunan Zona Integritas tahun 2020 dimonitor oleh Inspektorat Jenderal Ketenagalistrikan dan melibatkan tim penilai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dengan pleno pertama pada awal Juli 2020. (PSJ)