Transformasi Jabatan Tidak Akan Pengaruhi Pelayanan Publik

Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait reformasi birokrasi dan penataan kelembagaan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan melaksanaan penataan kelembagaan dengan transformasi jabatan struktural kedalam jabatan fungsional. Total terdapat 18 Pejabat Administrator (Eselon III) yang bertransformasi ke dalam Jabatan Fungsional Ahli Madya dan 32 Pejabat Pengawas (Eselon IV) ke dalam Jabatan Fungsional Ahli Muda. Pelantikan dilakukan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana, Senin (14/12/2020) di kantor Ditjen Ketenagalistrikan Jakarta dan sebagian peserta pelantikan mengikuti secara virtual.

Dalam sambutannya Rida mengingatkan bahwa transformasi jabatan ini berlaku secara nasional dan bertahap, serta harus dilaksanakan. Ia optimistis penataan kelembagaan ini diperlukan agar birokrasi menjadi semakin cepat.

"Arahan Presiden Joko Widodo adalah kita memerlukan birokrasi yang lebih sederhana, lebih efisien dan efektif dalam hal melakukan pelayanan kepada masyarakat," ucap Rida.

Rida menyampaikan bahwa penyesuaian dari penyetaraan ini tidak akan mengangu kinerja pelayanan publik karena sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Ia berharap transformasi ini akan meningkatkan kinerja pelayanan. Untuk tahap awal ini, Pejabat Eselon III akan menjadi koordinator fungsional sedangkan pejabat Esleon IV menjadi subkoordinator agar tidak menganggu pelayanan kepada masyarakat.

"Transformasi ini jangan sampai menganggu kinerja. Nomenklatur jabatan struktural menjadi fungsional saya kira tidak akan menganggu pelayanan publik," ucapnya.

Pembacaan sumpah janji hasil trasnformasi ini juga diikuti pelantikan tiga Pejabat Fungsional Pengangkatan Pertama dan Kenaikan Jenjang Jabatan Fungsional dengan rincian dua orang Jabatan Pranata Komputer dan satu orang Pranata Humas. Dalam upacara ini juga diikuti Penyerahan Penghargaan Satyalancana Karya Satya dan Penyerahan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat Periode 1 Oktober 2020 di lingkungan Ditjen Ketenagalistrikan. Rida berharap penghargaan ini bisa memotivasi para penerima penghargaan agar bekerja lebih baik lagi.

"Saya berharap dengan penghargaan ini dapat memotivasi kita semua untuk bekerja lebih cepat, cermat dan produktif untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Rida.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM Upik Jamil juga mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik serta berharap pelantikan ini memberikan perbaikan kepada kinerja pegawai Kementerian ESDM.

"Semoga dengan pelantikan ini kinerja kita menjadi lebih baik," pungkas Upik. (PSJ)